Image of Praktek Pekerjaan Sosial

Text

Praktek Pekerjaan Sosial



Fokus Praktek Pekerjaan Sosial adalah interaksi diantara orang dengan sistem-sistem sumber dilingkungan sosial mereka. Orang menggantungkan dirinya pada sistem-sistem ini untuk memperoleh sumber-sumber materiil. Emosionil, atau spiritual dan pelayanan-pelayanan serta kesempatan-kesempatan yang mereka butuhkan untuk mewujudkan aspirasi-aspirasi mereka dan juga untuk membantu mereka dalam pelaksanaan tugas-tugas mereka. Tugas-tugas kehidupan ini diakibatkan oleh adanya tuntutan-tuntutan yang berasal dari berbagai situasi kehidupan. Tugas-tugas ini berhubungan dengan kehidupan sehari-hari misalnya kehidupan dalam keluarga, belajar di sekolah, memasuki dunia pekerjaan, kawin dan membina keluarga. Tugas-tugas inipun juga berkaitan dengan masalah-masalah dalam kehidupan, misalnya perceraian, menderita sakit, mengalami kesulitan keuangan, dan sebagainya. Tugas-tugas ini merupakan tanggapan orang yang berupa sikap maupun tindakan dalam situasi-situasi tersebut diatas.
Orang dapat memperoleh bantuan yang dibutuhkannya dari tiga jenis sistem-sistem sumber, yaitu (a) alamiah dan informal, (b) formil, dan (c) kemasyarakatan. Bantuan yang diperoleh orang dari sistem-sistem sumber informal dapat berupa dukungan emosionil, kasih sayang, nasehat, informasi, serta pelayanan-pelayanan yang sifatnya lebih nyata dari keluarga, kerabat, rekan atau lingkungan keluarga.
Sistem-sistem sumber formal adalah keanggotaan dalam organisasi tertentu yang sifatnya formil dan bertujuan untuk meningkatkan minat-minat anggotanya. Contoh sistem sumbe ini adalah Serikat Buruh, perhimpunan orangtua yang nanaknya lemah ingatan, Perkumpulan Orang Tua Murid, dan organisasi-organisasi ptofesional.
Sistem-sistem sumber kemasyarakatan adalah lembaga-lembaga yang didirikan oleh pemerintahbatau swasta yang memberikan pelayanan kepada semua orang misalnya sekolah, rumah sakit, lembaga bantuan hukum, serta badan-badan sosial lainnya.


Availability

20120647Perpustakaan BBPPKS Yogyakarta (13)Available
20130074361. 3 SOE p c. 2Perpustakaan BBPPKS Yogyakarta (15)Currently On Loan (Due on2015-05-22)

Detail Information

Series Title
-
Call Number
361. 3 SOE p
Publisher STKS Press Bandung : Bandung.,
Collation
vi, 193 hlm. : ilus, ; 23.5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-3467-55-9
Classification
361. 3
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this