Image of Social Enterprise : Model Pemberdayaan Masyarakat Perspektif Pekerjaan Sosial

Text

Social Enterprise : Model Pemberdayaan Masyarakat Perspektif Pekerjaan Sosial



Penelitian ini mengkaji penerapan model social enterprise dalam pelayanan sosial dengan maksud menemukan solusi bagi masalah sangat kurangnya masalah penyelenggaraan pelayanan sosial yang berkelangsungan, efektif dan menjadi tempat bagi para pekerja sosial profesional untuk meniti karier profesionalnya. Tujuan penelitian ini adalah memunculkan model pelayanan sosial yang dapat diterapkan kepada semua jenis masalah sosial. Hasil penelusuran awal mengarah kepada Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA) untuk dijadikan sebagai exemplar case.
Berlandaskan pada karakteristik masalah yang hendak diteliti serta kebutuhan pencapaian tujuan penelitian sebagai penelitian rintisan. Studi ini menggunakan pendelatan kualitatif, dengan observasi non partisipatif, studi dokumentasi, serta wawancaramendalam kepada sejumlah informan. Hasil wawancara berupa skrip kemudian diolah dengan kategorisasi wawancara, untuk kemudian beserta data dari sumber-sumber lain dipilah dan diinterpretasikan, dan kemudian dituangkan dalam bentuk-bentuk naskah ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa IBEKA dalam praktiknya telah menggunakan tahap-tahap dalam proses pelayanan sosial yaitu assesment, engagement, dan intervention. Praktik pelayanan sosial di IBEKA melalui pembangunan PLTMH di Desa Cintamekar dilaksanakan dengan menggunakan prinsip-prinsip partisipasi, kontinuitas, dan keberlangsungan. IBEKA telah membuka kesempatan bagi masyarakat sehingga akan berdampak kepada perubahan status desa mereka yang menjadi lebih maju. IBEKA dalam bentuk yayasan telah menata organisasinya sebagai “social enterprise dengan memenuhi karakteristik-karakteristik enterprise. Sementara itu, gambaran model pemberdayaan masyarakat yang dirancang dan dilaksanakan oleh IBEKA yang jika dikaitkan dengan model-model social enterprise adalah termasuk ke dalam model Pengembangan Masyarakat ata Community Development.
Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model social enterprise dalam pelayanan sosial yang diadaptasikan dengan karakter masalah sosial yang ditangani dapat digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan sosial. Social enterprise juga dapat menjadi tempat bagi para pekerja sosial meniti karier profesionalnya sekaligus sebagai penghidupannya. Oleh karena itu, bagi para pemangku kepentingan dalam bidang penanganan masalah sosial dan pembangunan sosial sehingga keberadaan para pekerja sosial profesional diketahui secara luas dan dimanfaatkan oleh masyarakat (badan-badan pelayanan sosial)


Availability

2016PB034361. 3 BUD s c.1Perpustakaan BBPPKS Yogyakarta (13)Available
2016PB035361. 3 BUD s c.2Perpustakaan BBPPKS Yogyakarta (13)Available
2016PB036361. 3 BUD s c.3Perpustakaan BBPPKS Yogyakarta (13)Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
361. 3 BUD s
Publisher UNPAD Press : Bandung.,
Collation
xi, 138 hlm. : ilus. ; 21 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786020810287
Classification
361. 3
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this