INFORMASI QUALITY ASSURANCE PELAYANAN PUBLIK

BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (BBPPKS) YOGYAKARTA


Persyaratan Umum
Persyaratan mengikuti program diklat di BBPPKS Regional III Yogyakarta sudah ditetapkan dalam Pedoman Penyelenggaraan Diklat.
Persyaratan Administrasi
1. Surat Tugas dari Lembaga pengirim
2. Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD)
3. Surat Keterangan Sehat dari dokter
4. Kartu Jaminan Kesehatan (KIS)
5. Pas Photo berwarna dengan latar belakang merah 3 x 4 cm sebanyak 2 lembar

Prosedur Pelayanan Jasa Diklat
1. Calon Peserta Diklat datang dan diterima Panitia Penyelenggara dengan menyerahkan dokumen administrasi.
2. Calon Peserta Diklat melakukan registrasi dan menandatangani kontrak pelayanan.
3. Peserta Diklat menerima training kit berupa tas, jadwal, tata tertib, alat tulis, denah lokasi dan peralatan lainnya.
4. Peserta Diklat mendapatkan kunci kamar asrama.
5. Peserta Diklat dipandu oleh Panitia Penyelenggara dan diberikan penjelasan tentang fasilitas dan tata letak Kantor BBPPKS Yogyakarta.
6. Peserta Diklat mendapatkan informasi tentang Diklat yang akan diikuti dalam Pengarahan Teknis.
7. Peserta Diklat mengikuti Pre Test.
8. Peserta Diklat mengikuti Upacara Pembukaan Diklat.
9. Peserta Diklat mengikuti Proses Pembelajaran.
10. Peserta Diklat mengikuti Praktek Belajar Lapangan.
11. Peserta Diklat menyusun dan menyerahkan Rencana Tindak Lanjut (RTL).
12. Calon Peserta Diklat datang dan diterima Panitia Penyelenggara dengan menyerahkan dokumen administrasi.
13. Peserta Diklat mengikuti Post Test dan Evaluasi Pembelajaran dan Evaluasi Penyelenggaraan Diklat.
14. Peserta Diklat mengikuti Upacara Penutupan Diklat.
15. Peserta Diklat menerima sertifikat.
16. Peserta Diklat mengikuti penyelesaian administrasi berupa penggantian biaya transportasi dan pemberian uang saku.
17. Peserta Diklat menerima surat pengembalian peserta.
Selengkapnya
Produk Pelayanan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta adalah :
1. Diklat Pencegahan dan Penanganan Stunting.
2. Diklat P2K2/Family Development Session (FDS) PKH Model Dalam Jaringan (Daring).
3. Pendidikan Dasar Pekerjaan Sosial (PDPS).
4. Diklat Pekerja Sosial Pendamping Anak Berhadapan Dengan Hukum (ABH).

Jangka Waktu Pelaksanaan Kediklatan di lingkungan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta adalah :
1. Diklat Pencegahan dan Penanganan Stunting.
a. Daring Asinkronus (peserta belajar mandiri) sebanyak 37 jamlat, dilaksanakan 10 hari.
b. Daring Sinkronus 27 jamlat selama 4 hari.
2. Diklat P2K2/Family Development Session (FDS) PKH Model Dalam Jaringan (Daring).
3. Pendidikan Dasar Pekerjaan Sosial (PDPS).
Kegiatan PDPS dilaksanakan 14 (empat belas) hari @10 jamlat perhari dengan jumlah jam pelatihan sebanyak 120 jamlat @45 menit.
4. Diklat Pekerja Sosial Pendamping Anak Berhadapan Dengan Hukum (ABH).
Pendidikan dan pelatihan Pekerja Sosial Pendamping ABH dilaksanakan selama 25 (dua puluh lima) hari atau selama 210 jam pelatihan @ 45 menit.


SELURUH KEGIATAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
DI BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELAITHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (BBPPKS) YOGYAKARTA


TIDAK DIPUNGUT BIAYA


[GRATIS]


Media Informasi Pelayanan Publik Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta :
1. Official Website BBPPKS Yogyakarta.
2. Majalah Empati.
3. Instagram.
4. Facebook.
5. Infografis.
6. Youtube.
Ramah Akses Disabilitas Netra


Jalan Landai Menurun


Kursi Roda dan Kruk


Ruang Khusus Menyusui (Laktasi)


Manajemen Asrama

Keterangan : pelayanan khusus bagi penyandang disabilitas, lanjut usia dan ibu hamil untuk ditempatkan di asrama yang berada di lantai bawah.

Ruang Laktasi

Keterangan : pelayanan khusus bagi Peserta diklat yang sedang menyusui dan membutuhkan ruangan khusus.

Bantuan Proses Registrasi

Keterangan : pelayanan khusus bagi Peserta diklat lanjut usia atau disabilitas netra melakukan registrasi.

Detail Kontak

Alamat:
Purwomartani, Kalasan, Sleman

Telepon:
0274-376140

Seluler:
0274-376140

Faks:
0274-496925

Email:
bbppksjogja@kemsos.go.id

Waktu Kerja:
08.00 - 16.00


Maps

Kotak Pengaduan (Fisik)


Visi
Dengan mengacu pada komitmen untuk mewujudkan Kesejahteraan sosial oleh dan untuk semua serta mencermati berbagai kondisi internal dan eksternal lembaga, maka kondisi ideal yang ingin diwujudkan sebagai sebuah visi BBPPKS Yogyakarta adalah :
Menghasilkan Sumber Daya manusia Kesejahteraan Sosial yang memiliki kesadaran, kepedulian dan kompetensi dalam penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.
Misi
Untuk mewujudkan sebuah visi tersebut, BBPPKS Yogyakarta merumuskan misi sebagai berikut:
Mewujudkan pendidikan dan pelatihan sosial yang mampu memberikan kompetensi, kesadaran, dan kepedulian sosial bagi setiap pesertanya.
Melaksanakan advokasi diklat kesejahteraan sosial yang efektif pada seluruh stakeholder serta pengelolaan data dan informasi kesejahtreraan sosial yang komprehensif.


Pendidikan dan Pelatihan yang diselenggarakan oleh BBPPKS Yogyakarta merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu Tingkat Unit Kerja Eselon 2, atau setara dengan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Tingkat Direktorat. SATU Pintu yang digunakan adalah melalui sistem e-larning dengan alamat https://elearning.kemsos.go.id. Sistem ini mengintegrasikan manajemen user peserta diklat, Fasilitator (termasuk di dalamnya narasumber dan widyaiswara), penyelenggara, proses pembelajaran, penilaian, dan penerbitan sertifikat. Sistem e-learning BBPPKS Yogyakarta merupakan salah satu unit layanan yang terintegrasi dalam Unit Pelayanan Satu Atap e-Learning Kementerian Sosial.